Berita

Berita tentang Sekolah

(0 pemilihan)

Mengenal Santo Thomas Villanova Pilihan

Mengenal Santo Thomas Villanova

(Pelindung Sekolah)

Villanova 22September

 

Thomas dari Villanova (1488 - 8 September 1555), lahir dengan nama Tomás García y Martínez , adalah seorang biarawan Spanyol dari Ordo Santo Agustinus yang merupakan seorang pengkhotbah, pertapa dan penulis religius terkemuka pada zamannya. Ia menjadi uskup agung yang terkenal karena kepeduliannya terhadap kaum miskin tahtanya.

Hidup dan karyanya

Ia dilahirkan sebagai Tomás García y Martínez di Fuenllana , Spanyol, pada tahun 1488. [1] Ayahnya adalah seorang tukang giling,  yang secara teratur membagikan makanan dan perbekalan kepada orang miskin, seperti halnya ibunya. Ia dibesarkan dan dididik di Villanueva de los Infantes , di Provinsi Ciudad Real , Spanyol, oleh karena itu dinamai Thomas dari Villanueva . Sebagian dari rumah aslinya masih berdiri, dengan lambang di sudut, di samping kapel keluarga. Terlepas dari kekayaan keluarganya, sebagai anak muda dia sering pergi telanjang karena dia telah memberikan pakaiannya kepada orang miskin.

Pada usia enam belas tahun, Thomas masuk Universitas Alcalá de Henares untuk belajar Seni dan Teologi. Dia menjadi profesor di sana, mengajar seni, logika, dan filsafat, meski terus-menerus linglung dan ingatannya buruk.  Pada 1516, ia memutuskan untuk bergabung dengan para biarawan Augustinian di Salamanca dan pada 1518 ditahbiskan sebagai imam.

Ia menjadi terkenal karena khotbahnya yang fasih dan efektif di gereja-gereja Salamanca.  Thomas menyusun khotbah-khotbah yang indah, di antaranya adalah Khotbah tentang Kasih Tuhan yang menonjol, salah satu contoh besar pidato sakral abad ke-16. Charles V , setelah mendengar dia berkhotbah, berseru, " Monsinyur ini bahkan dapat memindahkan batu!".  Charles menyebut Thomas sebagai salah satu anggota dewan negara bagian dan pengkhotbah pengadilan di Valladolid, kediaman Kaisar ketika dalam kunjungannya ke Negeri-negeri Rendah. 

Serangan pedasnya terhadap sesama uskup membuatnya mendapatkan gelar reformis.  Beberapa khotbahnya menyerang kekejaman adu banteng. Dia juga memiliki pengabdian yang besar kepada Perawan Maria , yang hatinya dia bandingkan dengan semak Musa yang terbakar yang tidak pernah dimakan.

Dalam Ordo, ia secara berturut-turut memegang posisi prior dari biara lokalnya, Jenderal Pengunjung , dan Provinsial Prior untuk Andalusia dan Kastilia . Pada tahun 1533, Thomas mengutus para biarawan Augustinian pertama yang tiba di Meksiko .  Charles V menawarinya jabatan Uskup Agung Granada tetapi dia tidak mau menerimanya.

Uskup

Thomas dari Vilanueva Menyembuhkan Yang Sakit, Murillo

Pada tahun 1544 ia dinominasikan sebagai Uskup Agung Valencia dan ia terus menolak posisi tersebut sampai diperintahkan untuk diterima oleh atasannya. Diberikan sumbangan untuk mendekorasi kediamannya, dia mengirim uang itu ke rumah sakit yang membutuhkan perbaikan.  Ia memulai keuskupannya dengan mengunjungi setiap paroki di Keuskupan Agung untuk menemukan apa yang menjadi kebutuhan umatnya.  Dibantu oleh asisten uskupnya, Juan Segriá, ia menertibkan keuskupan agung yang selama seabad tidak memiliki pemerintahan pastoral langsung. Dia mengorganisir sebuah perguruan tinggi khusus untuk orang - orang yang bertobat Moor , dan khususnya rencana yang efektif untuk bantuan sosial, kesejahteraan, dan amal. Pada tahun 1547 dia ditahbiskan sebagai imam Luis Beltrán , misionaris terkemuka di Amerika Selatan. Thomas memulai Presentation Seminary pada tahun 1550. 

Dia terkenal karena penghematan pribadinya yang luar biasa (dia menjual kasur jerami tempat dia tidur untuk memberikan uang kepada orang miskin) dan memakai kebiasaan yang sama seperti yang dia terima di novisiat, memperbaikinya sendiri.  Thomas dikenal sebagai "bapak orang miskin".  Usahanya yang terus menerus tidak melelahkan, terutama kepada yatim piatu, wanita miskin tanpa mahar, dan orang sakit. Akan tetapi, dia memiliki gagasan yang cerdas tentang amal, sehingga meskipun dia sangat dermawan, dia berusaha untuk mendapatkan solusi yang pasti dan struktural untuk masalah kemiskinan; Misalnya memberikan pekerjaan kepada orang miskin, sehingga amal nya membuahkan hasil. "Amal bukan hanya memberi, melainkan menghilangkan kebutuhan mereka yang menerima amal dan membebaskan mereka darinya jika memungkinkan," tulisnya. Ia mendirikan sekolah berasrama dan sekolah menengah.

Thomas meninggal di Valencia pada 8 September 1555 karena angina pada usia 67 tahun. Jenazahnya disimpan di Katedral di sana.

Ia dikanonisasi oleh Paus Alexander VII pada tanggal 1 November 1658.  Hari pestanya dirayakan pada tanggal 22 September.

Thomas adalah penulis berbagai Risalah, di antaranya termasuk Soliloquy antara Tuhan dan jiwa, tentang topik persekutuan. Francisco de Quevedo menulis biografinya. Tulisan lengkapnya diterbitkan dalam enam jilid sebagai Opera omnia, di Manila pada tahun 1881.

Thomas adalah santo pelindung dan senama Universitas Villanova , dekat Philadelphia di Amerika Serikat, yang didirikan dan dikelola oleh para biarawan Ordo; Universidad Católica de Santo Tomás de Villanueva di Havana , Kuba ; Universitas St. Thomas di Miami Gardens , Florida , AS; dan Villanova College , sekolah Katolik untuk anak laki-laki yang berlokasi di Brisbane , Australia . Di Filipina, beberapa gereja dan kota didedikasikan untuk menghormati orang suci dengan pesta besar atau perayaan pesta dengan banyak makanan di atas meja untuk para tamu dan pengunjung. Dia adalah santo pelindung kota Alimodian dan Miag-ao , keduanya di Iloilo . Dia juga santo pelindung Barangay Santolan di Kota Pasig .

 

SUMBER: https://en.wikipedia.org/wiki/Thomas_of_Villanova

Baca 745 kali Terakhir diubah pada Senin, 01 Februari 2021 04:31

Cari

Pengunjung

198696
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
254
195205
12488
198696

Your IP: 44.192.47.87
2022-07-04 08:07